Tutorial CorelDraw : Cara membuat Efek Curl Page


CorelDRAW merupakan aplikasi grafis yang bisa dibilang sangat istimewa. Salah satu keistimewaan itu adalah efek curl page atau efek lipatan lengkung pada sisi gambar. Kelihatannya efek ini sangat sulit, tapi benarkah? Yaaa, gampang gampang susah sih, tapi perlu kita coba agar kita bisa. hehe . . . Mari kita coba membuatnya...


Langkah-Langkahnya :


  1. Buka dulu CorelDraw (yang saya gunakan CorelDraw X4) kemudian klik New...
  2. Sebagai contoh, saya gunakan gambar yang saya dapatkan dari Google. Tapi buat pembaca bisa menggunakan Foto yang lain kok.
  3. Selanjutnya kita harus import gambar ini ke dalam lembar kerja CorelDraw. Caranya adalah dengan pilih menu File >> Import... atau dengan cara cepat menekan tombol pada keyboard "Ctrl+I".
    Cari dan pilih gambar yang akan digunakan sebagai object latihan. Import pada lembar kerja,  tekan dan tahan klik kiri kemudian Drag pada lembar kerja.
  4. Yang akan saya lakukan kali adalah memilih objek yang akan kita edit. Arahkan pointer pada gambar, klik kiri pada mouse. Setelah hal itu anda lakukan, saatnya kita membuat efek curl page.

    Caranya, ke Menu Utama/Menu Bar...
    Klik Bitmaps >> 3D Effects >> Page Curl ...
    Inilah Penjelasannya : Pengaturan Lipatan digunakan untuk mengatur dimana lipatan yang diinginkan, misalnya hanya kanan dan kiri maka klik kotak kanan dan kiri pada pengaturan
  5. Setelah selesai menutak atik, inilah hasilnya. Check This !!!

    Hasilnya Keren juga yahh!! Awesome!!


    Mudahkan ternyata?? Asal ada kemauan untuk mencoba, pasti bisa segalanya. 
    Sekian dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat untuk menambahkan wawasan anda. 
    Terima Kasih ...